Pahlawan-pahlawan Teknologi yang Perlu Kamu Tahu

0
12

Pahlawan bukan hanya dilihat dari pengorbanan nyawanya untuk sesuatu yang lebih besar saja. Pahlawan juga dapat dilihat dari bagaimana kontribusi dan warisannya untuk umat manusia.

Hari ini peradaban kita memandang dunia dengan teknologi. Sesuatu hal yang tidak pernah lebih besar daripada sebelumnya. Dan hal itu dapat terjadi karena kontribusi orang-orang yang bekerja di balik hiruk-pikuk kode-kode dan algoritma. Orang-orang inilah yang kita sebut hari ini sebagai pahlawan teknologi.

Pahlawan teknologi, adalah orang-orang yang bukan hanya memberikan kontribusi penting dalam hal penemuan dan inovasi, tetapi juga berperan dalam membentuk perabadan kita hari ini.

Lars Bak

Lars Bak adalah Lead Manager di Google yang memimpin pengembangan V8. Sebuah mesin Javascript baru yang memberikan kekuatan untuk aplikasi web yang sangat besar. V8 adalah inti otak di dalam Google Chrome dan yang membuat browser modern beroperasi dengan lebih cepat. Lars Bak memimpin kurang lebih dua puluh insinyur. Ia sendiri memegang delapan belas paten dan telah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam membangun mesin virtual – virtual machines.

Tim Berners-Lee

Sir Thimothy John Berners-Lee dikenal sebagai penemu dari World Wide Web – www. Bukan hanya itu, Berners-Lee juga merupakan tokoh penting di balik lahirnya bahasa internasional HTML (Hyper Text Markup Language) dan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). Alat dan bahasa yang tidak terlepas dari keseharian kita sekarang ini. Yang lebih hebat adalah kontribusi Berners-Lee yang memutuskan untuk tidak mematenkan World Wide Web, sehingga hari ini, semua orang di dunia dapat bebas menggunakannya.

Khoirul Anwar

Nama Khoirul Anwar sempat ramai diperbincangkan beberapa tahun yang lalu, karena disebut-sebut sebagai penemu teknologi Long Term Evolution (LTE), atau yang kerap kita sebut dengan teknologi 4G. Namun belakangan ini Khoirul Anwar mengklarifikasi bahwa ia bukanlah penemu dari teknologi itu. Teknologi 4G bukanlah sesuatu hal yang dapat ditemukan, melainkan disepakati oleh badan standarisasi dunia.

Khoirul Anwar sendiri ternyata lebih tepat disebut sebagai penemu prinsip atau konsep dasar dua Fast Fourier Transform (FFT) berpasangan. Prinsip inilah yang digunakan dalam teknologi 4G LTE.

Roger Lee Easton, Sr.

Roger L. Easton adalah seorang ilmuwan yang merupakan penemu utama sekaligus desainer dari Global Positioning System (GPS). Di tahun 60 hingga 70an, bersama dengan Ivan A. Getting dan Bradford Parkinson di Naval Research Laboratory (NRL), Easton memimpin tim untuk mengembangkan pengaktifan teknologi GPS untuk Amerika Serikat. Kelak penemuannya ini menjadi salah satu teknologi penting di keseharian kita sekarang ini.

Radia Joy Perlman

Perlman adalah seorang programer dan network engineer perempuan. Ia dikenal sebagai penemu dari Spanning Tree Protocol (STP). Protokol dasar dari operasi jaringan. Perlman juga dikenal dari kontribusinya terhadap berbagai hal di dalam dunia desain dan standarisasi operasi jaringan.

Selain Protokol STP, ia pun dikenal untuk protokol link-state routing dan protokol TRILL yang mengkoreksi berbagai kekurangan atau kelemahan dari protokol STP.

Grace Hooper

Tanpa Grace Hooper, mungkin hari ini kita masih mengoperasikan komputer dengan angka-angka. Grace Hooper adalah orang yang percaya bahwa komputer dapat dioperasikan dengan bahasa yang kita gunakan.

Dari berbagai riset yang ia lakukan, Hooper sampai akhirnya yakin bahwa pemrograman komputer sangat mungkin dilakukan dengan bahasa Inggris. Ia kemudian membuat compiler untuk menerjemahkan istilah-istilah bahasa Inggris ke dalam kode mesin.

Dengan penemuannya itu, Hooper diganjar berbagai penghargaan, antara lain; empat puluh gelar penghargaan dari berbagai universitas di dunia, National Medal of Technology di tahun 1991 dan Presidential Medal of Freedom di tahun 2016.

Ada Lovelace

Dunia teknologi, digital dan komputer, tentu saja tidak bisa dilepaskan dari sosok ada Lovelace. Perempuan ini adalah seorang ilmuwan matematika sekaligus seeorang penulis. Lovelace dikenal sebagai orang pertama yang menyadari bahwa mesin ternyata memiliki aplikasi yang dapat melampaui fungsinya sebagai alat kalkulasi.

Lovelace kemudian membuat sebuah algoritma yang ditujukan untuk dibaca oleh mesin. Dari penemuannya itu, Lovelace dipandang sebagai orang pertama yang mengenali potensi masa depan dari sebuah mesin komputer. Ia pun kelak dilabeli sebagai programmer komputer pertama di dunia.

Karen Spärk Jones

Jones merupakan ilmuwan komputer perempuan asal Inggris. Ia dikenal sebagai orang penting di balik lahirnya konsep inverse document frequency. Sebuah teknologi yang menjadi berada di balik berbagai mesin pencarian modern yang kita kenal sekarang ini.

Variasi dari skema konsep yang populer dengan sebutan tf-idf atau TFIDF ini seringkali digunakan oleh mesin pencarian sebagai alat yang utama. Umumnya digunakan untuk menilai dan mengurutkan relevansi sebuah dokumen dengan pencarian dari pengguna mesin pencarian.

Marissa Mayer

Marissa Mayer adalah perempuan engineer pertama di Google. Ia bergabung ketika Google masih dalam bentuk Startup. Berbagai produk Google yang kita pakai hari ini, seperti Google Maps, Google Earth, Latitude, Local Search dan Street View adalah beberapa produk yang dibidaninya.

Mayer yang merupakan ahli di bidang desain user interface menjadi salah satu faktor penting mengapa Google hingga hari ini masih memimpin sebagai perusahaan teknologi yang terbaik.

Susan Kare

Susan Kare adalah seorang seniman dan desainer grafis yang memberikan kontribusi penting bagi dunia teknologi hari ini. Dengan kreativitasnya, ia membuat teknologi menjadi indah dan sangat manusiawi.

Bersama Steve Jobs, ia membuat Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi dengan produk yang dapat disetarakan dengan karya seni. Bukan hanya itu, Susan pun berkontribusi pada keindahan desain user interface untuk Microsoft, Facebook, dan Pinterest.

Foto diambil dari berbagai sumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here