Jenis-Jenis Infografis & Fungsinya

0
53

Infografis adalah bentuk visual grafis yang merepresentasikan informasi atau pengetahuan. Infografis dibuat dengan tujuan untuk mempermudah keterbacaan konten yang disampaikan.

Infografis membuat informasi dan data yang diangkat dapat tersampaikan dengan cara yang cepat dan mudah. Infografis ini memiliki beberapa kategori berdasarkan jenis data atau informasi dan bentuk presentasinya. Berikut ini adalah jenis-jenis infografis yang berhasil kami rangkum untuk kamu.

Statistical Infographic.

Statistical Infographic adalah infografis yang menampilkan data-data seperti misalnya data survei. Data-data dari berbagai sumber ditampilkan dengan tata letak dan visual yang baik sehingga menarik untuk dibaca. Jika kamu ingin mengutarakan argumen dengan data yang relevan, maka statistik infografis dapat membantu presentasi kamu.

Informational Infographic.

Informational Infographic adalah bentuk infografis yang menampilkan gagasan atau memberikan gambaran tentang suatu topik. Biasanya infografis seperti ini dibagi menjadi beberapa bagian header yang deskriptif. Penggunaan nomor di setiap bagian akan membantu alur informasi di desain infografis kamu.

Timeline Infographic.

Timeline Infographic adalah infografis yang memvisualisasikan sejarah atau peristiwa dari subyek yang diangkat. Infografis seperti ini dapat memudahkan pembaca untuk memahami suatu peristiwa. Penggunaan garis, ikon, foto dan label dapat membantu kamu dalam menerangkan suatu peristiwa dengan jelas, padat dan efisien.

Process Infographic.

Process Infographic adalah infografis yang memvisualisasikan suatu proses, misalnya proses membuat kue nastar. Dengan bentuk infografis ini langkah-langkah untuk membuat kue nastar akan terlihat lebih menarik dan informatif. Pengunaan gambar dan ikon dengan tata letak dan visual yang baik dapat menyederhanakan penjelasan langkah-langkah tersebut.

Geographic Infographic.

Geographic Infographic adalah infografis yang menggunakan bagan peta sebagai fokus visualnya, misalnya data berbasis lokasi, demografi atau data dalam skala besar. Data-data semacam ini biasanya sulit untuk dijelaskan. Dengan menggunakan bentuk infografis ini, data tersebut dapat dijelaskan dengan ringkas dan menarik tentunya.

Comparison Infographic.

Comparison Infographic adalah infografis yang membandingkan beberapa pilihan dengan tampilan yang jelas dan menarik. Infografis seperti ini dapat membantu pembaca dalam menentukan suatu pilihan. Misalnya dengan bentuk infografis ini, seseorang akan terbantu ketika kesulitan untuk memilih smartphone mana yang akan dibeli.

Hierarchal Infographic.

Hierarchal Infographic adalah infografis yang menjelaskan suatu tingkatan-tingkatan pada subjek yang diangkat. Infografis seperti ini biasanya berbentuk piramida dan umumnya digunakan untuk menjelaskan rantai komando atau struktur organisasi. Selain itu, infografis ini juga bisa menjelaskan tingkatan-tingkatan seperti tingkatan gradasi kebutuhan manusia dari yang paling banyak dibutuhkan hingga yang paling sedikit.

List Infographic.

List Infographic adalah infografis yang menunjukkan daftar atau list dari suatu hal berdasarkan kategorinya. Tujuan infografis ini adalah agar daftar-daftar list yang kamu buat menjadi lebih eye-cathing dan menarik untuk dibaca. Penggunaan ikon atau nomor di setiap kategori ditambah dengan font dan warna yang bagus akan membuat daftar list kamu semakin menonjol.

Resume Infographic.

Resume Infographic adalah infografis yang menampilkan data diri. Infografis seperti ini cocok digunakan untuk mempromosikan diri kamu. Jika kamu ingin melamar kerja dan bingung untuk membuat CV yang bagus, infografis seperti ini dapat membuat cv kamu menjadi lebih menarik dan elegan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here