Bagian-bagian Infografis yang Perlu Kamu tahu

0
21

Infografis dibuat dengan menyelaraskan berbagai elemen hingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Berikut ini adalah bagian-bagian infografis yang perlu kamu tahu.

Data

Data adalah salah satu bagian infografis yang paling penting. Dengan data yang solid, pembuatan infografis akan menjadi mudah dan efisien. Sebagus apa pun visual infografis kamu, tanpa data yang solid, Infografis kamu akan tetap terlihat kurang baik dan terkesan asal-asalan. Berikut ini adalah contoh infografis dengan data dan informasi yang lengkap dan solid.

Visual dan Alur

Visual dan alur pada infografis tidak terlepas dari kaidah desain itu sendiri. Ia harus mempertimbangkan aspek Psikologis dan human behavior – kebiasaan manusia. Tata letak gambar, penggunaan font dan warna harus disesuaikan agar pembaca mengerti dan paham ketika membaca infografis kamu.

Keterbacaan

Keterbacaan adalah hal yang mutlak untuk sebuah infografis. Bentuk dan ukuran font akan menentukan keterbacaan infografis kamu. Biasanya para desainer infografis menggunakan huruf kapital dengan gaya font yang kaku untuk mengatasi masalah ini.

Ruang kosong atau Blank Space

Infografis sejatinya adalah data atau informasi yang dirangkum dan dimasukkan ke dalam satu frame. Bayangkan jika data yang begitu banyak dimasukkan ke dalam satu frame tanpa ada ruang kosong, pastinya kamu akan lelah dan bingung ketika membacanya. Untuk itu, diperlukan Blank Space untuk mengatasinya. Blank Space ini pun merupakan bagian infografis yang penting untuk menjadi penyeimbang antara teks, gambar dan ikon Sehingga pembaca dapat fokus pada informasi yang disajikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here