10 Website dan Aplikasi dengan Desain UX/UI yang Keren

0
6

User Experience kini sudah banyak digunakan di berbagai macam platform. Pengalaman yang diberikannya pun sangat beragam tergantung dari layanan dan produk yang ditawarkan oleh sebuah platform digital. Berikut ini adalah desain-desain UX yang menarik untuk dijadikan referensi.

Rover: Using Reviews to Build Trust

Rover adalah website jasa penitipan anjing. Sebagai website jasa, Rover sangat tahu bahwa keprcayaan pelanggan adalah yang utama. Pengaplikasian UX di Website ini berupa Fitur-fitur seperti ulasan pengasuh dan update foto terkini tentang anjing kamu sehingga kamu tak perlu khawatir bila sedang bepergian jaih.

Duolingo: Tearing Down Roadblocks

Duoligo adalah aplikasi belajar bahasa yang sangat humanis. Di aplikasi ini kamu akan ditanya tiga pertanyaan mudah sebelum kamu memutuskan untuk memilih bahasa apa yang ingin kamu pelajari. Dengan pengaplikasian UX semacam ini, pengguna akan merasa nyaman karena diberi kesempatan untuk berfikir sebelum memutuskan.

Paypal: Letting Simplicity Rule

Pada tahun 2014 paypal mendesain ulang webnya karena dinilai terlalu rumit. Kini Paypal sedang dalam penyederhanaan desain UX mereka dengan mengaplikasikan beberapa hukum kesederhanaan John Maeda yaitu mengurangi, mengatur, memposisikan, menciptakan konteks, menambah makna dan menghemat waktu.

Poncho: Humanizing Technology

Poncho adalah aplikasi cuaya yang sangat menyenangkan. Dengan desain UX yang humoris, Poncho dapat mengubah pandangan bahwa aplikasi alaram adalah aplikasi yang membosankan dan mengganggu. Dengan tampilan yang lucu, Poncho dapat menjadi mood boster kamu di pagi hari.

Starbucks: Making it Personal

Aplikasi seluler Starbucks sangat mengetahui bahwa manusia memiliki kebiasaan yang selalu diulang-ulang. Desain UX aplikasi ini menympan riwayat pembelian kamu dan menu favorit kamu. Di aplikasi pemesanan Starbucks ini kamu tidak perlu repot-repot membuka daftar menu yang banyak piihannya itu sehingga dapat mempersingkat waktu untuk memesan.

Google: Loading Super Fast Since 1997

Loading adalah masalah yang sangat besar bagi sebuah situs. Semakin lama loading situs kamu semakin banyak pula kamu kehilangan pengunjung. hal tersebut sangat diperhatikan oleh Google store. Dengan desain UX yang efisien, jangka waktu loading Google Store bisa mencapai kurang dari satu detik. Ini sangat membantu pengguna untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cepat dan mudah.

Simple: Adding Clarity and Digestibility to Finance

Simple merupakan Bank yang mengaplikasikan UX dengan baik. Kejelasan kuangan pengguna sangat di perhatikan di aplikasi mobile dan situs mereka. Informasi yang disajikan dalam aplikasi mereka selalu sederhana dan mudah dicerna, memungkinkan Kamu untuk melihat dengan jelas di mana Kamu membelanjakan uang dan berapa
banyak yang telah Kamu simpan. Simple sangat mengutamakan kesederhanaan desain dan memahami informasi apa yang paling penting bagi pengguna.

Nest Thermostat: Invisible Design

Desain yang baik adalah desain yang tidak diperhatikan oleh pengguna. Pengguna hanya perlu fokus pada tugas yang ada. Nest mengambil satu langkah lebih manju dengan mnegguakan learning algorithms di desain UXnya. Desain ini memungkinkan apikasi mengatur dirinya sendiri tanpa diprogram oleh pengguna berdasarkan user behavior.

Habitica: Using Gamification for Productivity

Habitca adalah aplikasi kalender pribadi yang sangat menyenangkan. Aplikasi ini didisain seperti game, Jadi setiap kamu menyelesaikan aktifitas yang sudah dijadwalkan kamu akan mendapatkan reward berupa poin dan exp layaknya game. Level kamu juga akan bertambah seiring dengan selesainya tugas yang kamu jadwalkan.

Yelp: Everything Findable

Yelp adalah aplikasi pencarian yang cerdas. Ia menggunakan lokasi terkini sebagai default setting agar memudahkan kamu untuk mencari restoran atau hotel terdekat tanpa harus menyeting lokasi. Ia juga menggunakan user Behavior sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencari apa yang kamu inginkan karena Yelp sudah tahu apa yang kamu inginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here