10 Tools Penting Untuk Para Desainer dan Developper Web

0
10

Resources tools untuk penunjang membangun website memang banyak tersedia, ada yang berbayar dan banyak juga yang bersifat gratis dalam bentuk open source. Kita bisa memilih tools manapun sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan website yang kita bangun.

Di artikel ini kita membantu kamu untuk memilih Resources tools penting yang bisa digunakan untuk menunjang pekerjaan mendesain website kamu. Dan yang menariknya, referensi tools yang kita berikan semuanya bersifat Open Source!

Piklist

Piklist adalah pengembangan dari WordPress yang memperbolehkan kamu untuk membangun setup website yang rumit dengan WordPress dengan sedikit kode. Piklist ini hadir dengan serangkaian fungsi bantuan untuk memperluas hampir seluruh bagian dari WordPress seperti setting page, custom fields, admin notices, shortcode, widgets, taxonomies, users dan masih banyak lagi.

React Static

React Static adalah tool yang memperbolehkan kamu untuk membangun situs statis dengan menggunakan React. React hadir sepaket dengan semua alat-alat yang telah dikonfigurasi, sehingga kamu bisa langsung fokus untuk membuat konten untuk web kamu. Karena bersifat sebagai situs statis, maka kamu bisa menggunakan hostingan dengan kapasitas yang rendah.

Strapi

Strapi adalah sebuah framework konten CMS untuk membangun sebuah konten API. Tool ini memperbolehkan kamu untuk mendesain struktur API dan konten kamu sendiri sekaligus menampilkan panel admin yang juga bisa kamu desain sendiri. Meskipun demikian, tool ini tidak menyediakan built-in sistem template. Tool ini juga menawarkan pilihan untuk tampilan pustaka dari preferensi kamu seperti React atau Vue.

Stimulus

Stimulus adalan Framework JavaScript baru dari Basecamp. Tidak seperti React atau Vue, tool ini tidak memaksa kamu untuk menuliskan kembali seluruh aplikasi dengan JavaScript atau menambahkan berbagai atribut sintetis.

StimulusJS bekerja di dalam HTML yang kita ketahui atribut-atribut datanya. Tool ini juga tidak membutuhkan bangunan konfigurasi yang rumit. Kamu hanya cukup menambahkan script di webpage seperti yang kamu lakukan untuk jQuery.

TablePlus

Tool ini adalah aplikasi GUI untuk mengatur database kamu. TablePlus mendukung banyak mesin database, termasuk MySQL, SQLite, Redis, Postgres, MS SQL dan banyak lagi. TablePlus tersedia untuk Windows dan MacOS.

Thanks

Tool ini adalah modul NodeJS. Tool ini akan memanggil sebuah daftar para penjaga paket yang digunakan di project open source kamu dan menghubungkannya dengan halaman donasi atau OpenCollective mereka sebagai tanda terimakasih atas kontribusi mereka terhadap komunitas Open Source.

VulcanJS

Vulcan adalah sekumpulan alat untuk membangun sebuah aplikasi web modern. Tool ini sepaket dengan React, GraphQL dan Meteor yang sudah dikonfigurasi. Vulcan adalah framework dengan paket lengkap yang menyediakan berbagai komponen pembantu yang sangat beragam. Ia mencakup keseluruhan, dengan begitu aplikasi yang bangun dapat berjalan dengan baik dan cepat.

WordHat

WordHat adalah tool untuk mengintegrasikan Behat ke dalam WordPress. Behat ini adalah framework open source BDD – Behaviour-driven Development untuk PHP di mana kamu dapat menguji aplikasi PHP dengan cara yang berbeda.

Tool ini adalah alat yang sama pentingnya seperti tema dan plugin pada WordPress. Dengan WordHat dan Behat, kamu bisa memastikan tema dan plugin kamu bekerja sesuai dengan yang kamu harapkan ketika aplikasi web kamu berinteraksi dengan penggunanya.

WP Browser

WP Browser adalah bentuk lanjutan dari Codeception yang didesain khusus untuk aplikasi, tema dan plugin WordPress. Codeception adalah sebuah alat untuk menjalankan pengujian terhadap aplikasi kamu. Alat ini sama persis dengan PHPUnit dan Behat, tetapi ia hadir sepaket dengan berbagai tool berguna lainnya. Dengan WP Browser, kamu bisa melakukan pengujian terhadap Browser, BDD, Unit Integration Testing dan API.

WP Vue

Tool ini adalah template yang dibangun dengan Vue untuk menampilkan pos-pos dalam platform WordPress. Templat ini adalah permulaan yang baik jika kamu mau menampilkan situs WordPress kamu tanpa header.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here